.

.

 cy87cuvvqaepbci-jpgsmall

.

.

Awalnya Ia Tak Mau Peduli Agamanya Ada yang Menghina, Kini Ia …… #AksiSuperDamai212

.

Sebuah tulisan yang tulus dibuat Joni A. Koto, seorang Arsitek Urban Planner alumnus ITB ’93. Kisah ini, sudah diskenario oleh Allah SWT.

.

1. Saya anggap dunia adlh soal bagaimana hidup & cari kehidupan. Bagaimana menikmati & lebih baik dari manusia lain. #AksiSuperDamai212

.

2. Bagaimana bisa punya status baik, dihargai dengan apa yang dipunya dan sedikit jalan-jalan menikmati dunia. #hey2 #AksiSuperDamai212

.

3. Saya anggap orang yg maju dlm agama itu adlh yg berfikiran luas & penuh toleransi, saya anggap tak perlulah terlalu fanatik akn sesuatu,.

.

4. tak perlu reaktif akn ssuatu, keep calm, be cool Jgn lah ssekali ikut2an jd org norak. Ikut kelompok jingkrang2 & entah apalh itu namanya

.

5. Saya tak ikut aksi bela agama ini itu, kalian jangan usil. Jgn dg kalian ikut saya tidak, artinya kalian masuk syurga saya tidak! #hey2

.

6. Saya ini beragama lho, saya ikut berpuasa, saya bersedekah dan beramal. Saya bantu orang2, bantu saudara2 saya juga,. #AksiSuperDamai212

.

7. Jangan kalian tanya2 soal peran saya ke lingkungan. Kalian lihat orang2 respek pd saya, temanpun aku banyak. Tiap kotak sumbangan aku isi

.

8. Saya masih heran, apa sih salah seorang Ahok? Dia sudah bantu byk orang, dia memang rada kasar, tp hatinya baik kok #AksiSuperDamai212

.

9. Saya hargai apa yg sudah dia buat bagi Jakarta. Saya anggap aksi ini itu hanya soal politis krn kebetulan ada pilkada #AksiSuperDamai212

.

10. Saya tak mau terbawa2 arus sprt teman2 kantor yg tiba2 jg mau ikut aksi. Sy anggap itu berlebihan & cari2 sensasi. Paling jg mau selfie2

.

11. Sampai satu saat…. Sore itu 1 Desember 2016, dalam gerimis saat saya ada di jalan, dlm mobil menuju tempat meeting #AksiSuperDamai212

.

12. Saya berpapasan dg rombongan pejalan kaki Saya melambat, mereka berjalan tertib, barisannya panjang sekali, pakai baju putih2..

.

13. Rompi hitam & hanya beralas sendal Muka mereka letih, tp nyata kelihatan tidak ada paksaan sama sekali di wajah2 itu #AksiSuperDamai212

.

14. Mereka ttp berjalan teratur, memberi jalan ke kendaraan yg mau melintas. Tidak ada yg teriak, berlaku arogan & aneh2 #AksiSuperDamai212

.

15. atau bawa aura mirip rombongan pengantar jenazah yg ugal-ugalan. Ini aneh, biasanya kalau sudah bertemu orang ramai-ramai di jalan..

.

16. biasanya kalau sdh bertemu org ramai2 di jalan aromanya kita sdh paranoid, suasana panas & penuh tanda tanya negatif #AksiSuperDamai212

.

17. Sore itu, di jalan aku merasa ada kedamaian yang kulihat dan kurasa melihat wajah-wajah dan baju putih mereka yang basah terkena gerimis

.

17. Sore itu, di jalan aku merasa ada kedamaian yang kulihat dan kurasa melihat wajah-wajah dan baju putih mereka yang basah terkena ggerimis

.

18. Papasan berlalu, aku setel radio lain. Ada berita: rombongan peserta aksi jalan kaki dari Ciamis dan kota-kota lain sudah memasuki kota kota

.

19. Ada nama jalan yg mereka lalui. Aku sambungkan semua informasi, ternyata yg aku berpapasan tadi adlh rombongan itu! #AksiSuperDamai212

.

20. Aku tertegun. Lama aku diam. Otakku serasa terkunci. Analisaku soal bgmna org beragama sibuk sekali mencari alasan, #AksiSuperDamai212

.

21. tak kutemukan apa pun yang sesuai dengan pemikiranku. Apa yg membuat mereka rela melakukan itu semua? Apa kira-kira? #AksiSuperDamai212

.

22. Aku makin sibuk berfikir. Apa menurutku mereka itu berlebihan? Rasanya tidak, aku melihat sendiri muka2 ikhlas itu. #AksiSuperDamai212

.

23. Apa mereka ada tujuan-tujuan politik? Aku rasa tidak, kebanyakan org sekarang mencapai tujuan bukan dg cara2 itu. #AksiSuperDamai212

.

24. Aku hitung2, dari informasi akan ada jutaan peserta aksi, berapa biaya yg harus dikeluarkan utk itu kalau ini tujuan kelompok tertentu..

.

25. Angkanya fantastis, rasanya mustahil ada yg mau ongkosi karena nilainya sangatah besar. #AksiSuperDamai212

.

26. Aku dlm berfikir, masih dalam gerimis kembali berpapasan dengan kelompok lain, berbaju putih juga, basah kuyup juga #AksiSuperDamai212

Trlihat d pinggir2 jalan anak2 sekolah mmbagikan minuman air mineral sdkit kue warung. Spertinya itu dr uang jajan mereka yg tak sberapa

.

27. Aku terdiam makin dalam. Ya Allah…. kenapa aku begitu buruk berfikir selama ini? #AksiSuperDamai212

.

28. Kenapa hanya hal-hal jelek yang mau aku lihat tentang agamaku? Kenapa dengan cara pandangku soal agamaku ?? #AksiSuperDamai212

.

29. Aku mampir ke masjid, mau sholat ashar. Aku lihat sendal-sandal jepit lusuh banyak sekali berbaris. #AksiSuperDamai212

.

30. Aku ambil wudhu.. Kembali, di teras, kali ini aku bertemu rombongan tadi, mgkn yg tercecer, muka mereka lelah sekali #AksiSuperDamai212

.

31. Mereka duduk, ada yang minum, ada yang rebahan, dan lebih banyak yang lagi baca Al-Qur’an. Hmmm……….. #AksiSuperDamai212

.

32. Aku sholat sendiri. Tak lama punggungku dicolek dari belakang, tanda minta aku jadi imam. Aku cium aroma tubuh2 & baju basah dr belakang

.

33. Aku takbir sujud, ada lagi yang mencolek. Nahh kali ini hatiku yang dicolek, entah kenapa hatiku bergetar sekali. #AksiSuperDamai212

.

34. Aku sujud cukup lama, mereka juga diam. Aku bangkit duduk, aku tak sadar ada air bening mengalir dari sudut mataku. #AksiSuperDamai212

.

35. Ya Allah,… Aku tak pantas jadi imam mereka. Aku belum sehebat, setulus dan seteguh mereka. #AksiSuperDamai212

.

36. Bagiku agama hanya hal2 manis. Ttg hidup indah, ttg toleransi, humanis, pluralis, penuh gaya, in style…bla bla bla #AksiSuperDamai212

.

37. Walau ada hinaan ke Agamaku aku harus tetap Elegan, berfikiran terbuka. Kenapa Kau pertemukan mereka dan aku hari ini ya Allah?

.

38. Kenapa aku Kau jadikan aku imam sholat mereka? Apa yang hendak Kau sampaikan secara pribadi ke aku ?? #AksiSuperDamai212

.

39. Hanya 3 rakaat aku imami mereka, hatiku luluh Ya Allah. Mataku merah menahan haru. #AksiSuperDamai212

.

40. Mereka colek lagi punggungku, ada anak kecil usia belasan cium tanganku, mukanya kuyu, tapi tetap senyum. Agak malu-malu aku peluk dia.

.

41. Dadaku bergetar tercium bau keringatnya & itu tak bau sama sekali. Ini bisa jdi dia anakku jg. Apa yg telah kuajarkan anakku soal islam?

.

42. Apakah dia levelnya sekelas anak kecil ini? Gerimis saja aku suruh anakku berteduh, dia demam sedikit aku panik. #AksiSuperDamai212

.

43. Aku nangis dalam hati, di baju putihnya ada tulisan nama sekolah: SMP Ciamis.. #AksiSuperDamai212

.

44. Kota kecil yang ratusan kilo meter dari sini. Nampak kakinya bengkak karena berjalan sejak dari rumah. #AksiSuperDamai212

.

45. Lalu anak itu bercerita kalau bapaknya tak bisa ikut karena sakit & Bapaknya hanya hidup dari kerja narik becak #AksiSuperDamai212

.

46. Bapaknya mau bawa becak ke Jakarta bantu nanti kalau ada yang capek, tapi dia larang.. Lanjut anak itu bercerita #AksiSuperDamai212

.

47. Ya Allah, aku dipermalukan berulang oleh mereka di masjid ini. Aku sudah tak kuat ya Allah.. #AksiSuperDamai212

.

48. Mereka bangkit, ambil tas2 & kresek putih dari sudut masjid, kembali berjalan, meninggalkan aku sendirian di masjid. #AksiSuperDamai212

.

49. Rasa-rasanya melihat punggung2 putih itu hilang dari pagar masjid aku sprti sudah ditinggal mereka yg menuju syurga. #AksiSuperDamai212

.

50. & kali ini aku yg norak. Aku sujud, lalu aku sholat sunat 2 rakaat. Air mataku keluar lg. Kali ini cukup byk, untung lg sndirian #hey2

.

51. Aku mikir lg soal ke-Islamanku, soal komitmenku ke Allah. Allah yg telah ciptakan aku, yg mmberi ibu bapakku rejeki #AksiSuperDamai212

.

52. Sampai aku dewasa & bangga sprt skrg Dimana posisi pembelaanku k agamaku hari ini? Ada dimana? Imanku sdh aku buat nyasar dmana? #hey2

.

53. aku mikir lagi. Kali ini tanpa rasa curiga, kurasa ada sumbat besar yang telah lepas dalam benakku selama ini. #AksiSuperDamai212

.

54. Ada satu kata sederhana sekali tanpa bumbu-bumbu: “Ikhlas dalam bela agama itu memang nyata ada !!!” #AksiSuperDamai212 #Alumni212

.

55. Aku mampir di mini market, kali ini jg makin ikhlas, makin mantap. Aku beli beberapa dus air mineral, makanan kering #AksiSuperDamai212

.

56. Isi dompet aku habiskan penuh emosional !! Ini kebanggaanku yg pertama dalam hidup saat beramal, aku bahagia sekali #AksiSuperDamai212

.

57. Ya Allah ijinkan aku kembali ke jalan-Mu yang lurus, yang lapang, penuh kepasrahan dan kebersihan hati…. #AksiSuperDamai212

.

58. Ya Allah ijinkan aku besok ikut Shalat jumat & brdoa brsama saudara2ku yg sbenarnya. Orang2 yg sgt ikhlas membela-Mu #AksiSuperDamai212

.

59. Di sana tak ada jarak mereka dengan-Mu ya Allah.Aku jg mau, ada diantara mereka, anak kecil yg basah kuyup hari ini #AksiSuperDamai212

.

60. Tak ada penghargaan dari manusia yg kuharap. Hanya ingin Kau terima sujudku. Mohon Kau terima dg sangat. #AksiSuperDamai212 #Alumni212

.

61.Sumber: beritaislam24h.net/2016/12/tobatn… Sengaja kami kultwit dg tager #AksiSuperDamai212 utk melawan buzzer2 yg mw mnghapus aksi 212 dr twitland

.

.

