.

.

.

1|. Jumat 2 desember 2016 -+ 7 juta umat Islam kembali menggelar AKSI BELA ISLAM JILID III. Aksi ini bergulir menuntut agar penista alquran diberi sanksi hukum

.

2|. Aksi Bela Islam III mendapat apresiasi positif karena berlangsung super damai dan dihadiri jutaan umat Islam dari seluruh Indonesia. Usai aksi itu, muncul aksi tandingan 412 dengan tema ‘Kita Indonesia’ yang dilakukan bertepatan pada Car Free Day (CFD), Minggu 4 Desember besok

.

3|. Beberapa selebaran imbauan untuk mengikuti aksi 412 beredar di sosial media, diduga dikeluarkan oleh lembaga setingkat kementerian ataupun swasta. Hal yang sama juga diduga dilakukan partai politik pendukung pemerintah.

.

4| Diduga Kementerian Perdagangan (Kemendag) misalnya, mengeluarkan surat edaran Nomor: 046/SJ-DAG/SE/11/2016 tentang Olahraga Bersama Menteri Perdagangan yang ditandatangani Sekjen Kemendag Srie Agustina pada 29 November 2016. Masing-masing Unit Eselon II diwajibkan mengirimkan peserta minimal 10 orang (PNS atau pegawai non-PNS dan keluarga). (Sumber : http://nasional.sindonews.com/…/sejumlah-instansi-keluarkan…)

.

5|. Imbauan yang sama juga, diduga dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos) lewat surat Nomor: 2139/DYS-Sekt/12/2016 yang dikeluarkan pada 2 Desember 2016. Surat ini ditembuskan kepada para direktur di lingkungan Ditjen Pemberdayaan Sosial dan para kepala bagian di lingkungan Setditjen Pemberdayaan Sosial. Surat ini memerintahkan kepada pejabat Eselon II di lingkungan Ditjen Pemberdayaan Sosial untuk mengerahkan pegawai beserta keluarga di lingkungan unit masing-masing untuk menghadiri acara Gelar Budaya ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang dihadiri oleh Presiden RI dan melibatkan seluruh kementerian dan lembaga. (Sumber : http://nasional.sindonews.com/…/sejumlah-instansi-keluarkan…)

.

6|. Diduga Partai Golkar lewat surat bernomor B.871/Golkar/XI/2016 arahan ketua umum dan ketua bidang pemenangan pemilu pada Sabtu 26 November 2016 yang ditindaklanjuti dengan Rapat Koordinasi Internal Partai Golkar mengeluarkan perintah kepada Ketua PP Indonesia I di DPD Golkar I, para ketua DPD dan anggota Fraksi Golkar agar mengambil peran dalam rencana Aksi Kebangsaan Indonesia pada 4 Desember 2016. (Sumber :http://nasional.sindonews.com/…/sejumlah-instansi-keluarkan…)

.

.

BOLEHKAH ORASI, AKSI ATAU SEJENISNYA DI HBKB

.

7| Aksi 412 memanfaatkan momen car free day, pertanyaannya bolehkan CFD digunakan untuk orasi, aksi atau sejenisnya bukan peruntukkannya yang diatur oleh perundangan?

.

8| Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Pasal 1 ayat 8 (delapan); “Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang selanjutnya disingkat HBKB adalah hari dimana pada suatu periode waktu tertentu kendaraan bermotor (kecuali Bus Trans Jakarta yang menggunakan Bahan Bakar Gas) tidak boleh melintasi kawasan/ruas jalan yang sudah ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan HBKB, dimana pada pelaksanaan HBKB tersebut terdapat 3 (tiga) kegiatan utama yang dilaksanakan yaitu penutupan jalan, pengukuran kualitas udara dan kegiatan penunjang lainnya.

.

9|. Pasal 7 ayat 2 “HBKB tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut”

.

10| Pasal 13 ayat 1 huruf b “ Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik bertugas : melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan terhadap organisasi masyarakat atau lembaga swadaya masyaralcat yang melakukan kegiatan pada pelaksanaan HBKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (2).

.

11|. HBKB atau car free day merupakan kegiatan yang digelar setiap Minggu di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin dengan tujuan mengurangi tingkat polusi udara di ibukota.

.

12|. HBKB diatur di dalam Peraturan Daerah (Perda) khusus Ibu kota Jakarta Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Dalam Perda itu disebutkan bahwa pelaksanaan Car Free Day digelar untuk pemulihan mutu udara yang dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu bulan.

.

13|. Selain itu, HBKB juga diatur lewat peraturan turunannya seperti Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 380 Tahun 2012 tentang Penetapan Lokasi, Jadwal dan tata cara Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Provinsi DKI Jakarta.

.

AKSI BELA ISLAM

.
14| Aksi bela Islam Jilid 1, II & III bukan aksi Rasis, Bukan aksi tolak etnis, bukan aksi kebencian agama lain, bukan aksi makar terhadap negara, bukan aksi anarkis, bukan aksi anti toleran, bukan aksi anti kebinekaan, bukan aksi terkait pilkada DKI.

.

15|. Aksi bela Islam Jilid 1, II & III adalah AKSI MENUNTUT KEADILAN, MENUNTUT HUKUM DITEGAKKAN, MENUNTUT PENISTA ALQUR’AN DIADILI DI PENGADILAN.

.

16|. Saya berharap semua elemen tidak perlu membuat aksi tandingan serupa, karena hal itu hanya akan menyebabkan sakit hati umat islam.

.

Wallahualambishawab.

Chandra Purna Irawan,MH.
CEO Sharia Law Institute

.

.

Sumber:

.

.

.

Iklan